Monday, April 1, 2013

Sejarah Internet Mulai Awal Sampai Sekarang
Sejarah Internet Mulai Awal Sampai Sekarang 
Selamat siang sobat ACW sudah lama banget admin ACW tidak pernah posting, sebanarnya siech tahun-tahun ini sangat sibuk sekali admin ACW karena harus melakukan kegiatan offline-nya sebagai Administrator Jaringan dan Pengajar juga disebuah instansi pendidikan di daerah  Banyuwangi, tidak hanya itu leogh sobat ACW tapi admin juga merangkap seorang mahasiswa di STIKOM Banyuwangi. Maaf ya sobat ACW sedikit re-post masalah internet negh, karena ada Tugas Kuliah disuruh upload Tugasnya via Blog gitu degh, tapi gak apa-apa degh mungkin jah berguna untuk sobat ACW dan berguna untukku juga. hehehehe

Terima kasih untuk Ibu Retno Ires xx yang cantik dan penyabar maaf kepanjangannya gak tau ,,, hehehe, ini ibu dosen tercantik tugas saya sudah saya post. maaf sedikit ada perbincangan sama sobat ACW ya ,, heheheh, langsung saja sobat ACW dan Ibu Retno Ires :D hehehe, langsung simak dan cekidot gan ,,, 

Tahu gak Sobat ACW sejarah dari Internet Dunia itu seperti apa ? wagh pasti gak tau ya ? dan ada yang tahu siech ,,, tinggal browsing langsung dapat. hehehehehheehe !!!  pada tahun 1969 diperkenalkan sebuah jaringan internet. Sejarah internet itu sendiri diawali dari percobaan ARPANET yang menghubungkan antara 2 komputer melalui jaringan telepon yang dapat saling berkomunikasi. Departemen pertahanan negara adidaya itu berhasil menjadi awal munculnya jaringan internet di dunia.

Awal Munculnya Internet

ARPANET pada awalnya dibuat untuk kebutuhan militer. Membuat sistem terdistribusi untuk menghindari hancurnya pusat data saat perang nuklir adalah tujuan awal pembuatan proyek besar ini. Saat awal dibuat, ARPANET hanya menghubungkan 4 tempat saja di Amerika sana. Namun saat ini, internet telah menghubungkan berjuta-juta titik di dunia ini.
Pada tahun 1972 inilah muncul istilah internet. Internet merupakan hasil dari pembagian proyek ARPANET. Internet merupakan bagian dari ARPANET yang ditujukan untuk kebutuhan non militer. Itulah sejarah awal berkembangnya internet.
Pada awal sejarah internet ini, anggota-anggota yang tergabung adalah dari berbagai universitas. Mulanya dari universitas yang ada di Amerika saja. Namun dimulai pada tahun 1973, ada anggota dari luar Amerika yang tergabung di dalam internet. Universitas itu berasal dari Norwegia (Royal Radar Establishment) dan Inggris (University College of London).

Internet dari Tahun ke Tahun

Seiring dengan perkembangan sejarah internet, protokol yang menjadi standar komunikasi setiap komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet juga terus berkembang. Tujuan dari semua ini adalah membuat standarisasi sehingga setiap komputer di dunia ini dapat terhubung ke dalam jaringan internet.

Protokol standar yang saat ini dipakai adalah protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini mulai diperkenalkan pada tahun 1978. Pada tahun 1980an, sejarah internet memasuki babak baru. Menjamurnya komputer pribadi pada masa ini membuat jaringan internet juga terus meluas.

Fasilitas pengiriman surat elektronik (email), pengiriman file melalui FTP dan mailing list satu per satu hadir sebagai layanan dalam internet. Inilah yang membuat fungsi internet semakin meningkat dan semakin banyak orang yang menggunakannya.
Perkembangan internet juga terlihat pada berbagai fasilitas yang bisa digunakan melalui jaringan dunia ini. Komunikasi secara real time melalui tulisan yang dikenal dengan istilah chatting diperkenalkan tahun 1988.

Penemuan aplikasi yang dikenal dengan nama browser merupakan tonggak paling penting di dalam sejarah internet. Dengan adanya browser ini, seluruh komputer yang terhubung ke dalam internet dapat saling berbagi data dan informasi.

Saat ini, internet telah digunakan untuk berbagai kebutuhan global. Dengan adanya internet, arus informasi dapat berjalan dengan cepat dan praktis. Internet juga telah menyatukan orang dari berbagai wilayah di bumi ini. Internet juga menjadi sarana komunikasi yang efektif dan efisien.

Namun internet juga menjadi sumber masuknya pengaruh negatif yang harus tetap diwaspadai. Sejarah internet menunjukkan bahwa tujuan positif bisa menjadi negatif jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Sejarah Internet dari Masa ke Masa

Sejarah internet bermula dari Amerika Serikat. Kala itu, militer Amerika membuat jaringan komunikasi yang disebut ARPANET. Jaringan ini dikembangkan untuk penggunaan militer dan ilmuwan tertentu yang meneliti teknologi. Dari sinilah orang menganggap ARPANET sebagai perintis internet.

Pada 1970 hingga akhir 1980-an, pemerintah Amerika mendanai internet sebagai sarana komunikasi. Namun, pemerintah membatasi penggunaannya pada bidang pendidikan dan militer.

Selanjutnya, pemerintah Amerika mengembangkan internet kedua yang disebut MILNET. MILNET dikembangkan karena universitas mendominasi ARPANET untuk kepentingan akses data.

NSF 

Pada masa itu, kebijakan penggunaan internet di bawah naunganNational Science Foundation (NSF). Pada 1980, NSF memperbolehkan penggunaan internet untuk kalangan universitas guna keperluan penelitian dan beasiswa. NSF kemudian mengembangkan internet ketiga yang disebut NSFNET.

Internet ini memiliki 5 komputer super untuk data beasiswa. Penggunaan untuk kepentingan komersial tidak diperbolehkan. Oleh karena itu, tidak ada iklan di internet. Popularitas NSFNET melonjak sehingga mengambil alih fungsi ARPANET.

WWW 

Perubahan terjadi pada 1995, yaitu saat NSF tidak lagi menguasai kebijakan internet. Situasi tersebut diikuti dengan perkembangan World Wide Web (WWW). Timothy Berners-Lee, seorang ahli komputer dan fisika berkebangsaan Inggris, mengembangkan WWW. Sebelum WWW, lalu lintas internet didominasi oleh transfer file.

Selanjutnya, pemerintah Amerika mengawasi penggunaan internet melalui jaringan internet komersial, atau yang lebih dikenal sebagai IP network (jaringan Internet Protokol). Jaringan ini dioperasikan oleh perusahaan besar seperti IBM, Sprint, dan Alternet. Di luar Amerika, jaringan IP dibentuk agar internet dapat digunakan di seluruh dunia.

Web 

Internet dan web merupakan hal yang berbeda. Internet diasumsikan sebagai jalan raya. Web berada di lalu lintas jalan raya tersebut. Web memudahkan pengguna untuk mencari informasi, memajang, dan mengunduh berbagai jenis dokumen. Oleh karena itu, web didukung oleh program yang dapat dijalankan di berbagai komputer. Menginjak tahun 2000, lalu lintas internet didominasi oleh web. Porsinya mencapai 80%.

Selanjutnya, penggunaan internet berkembang sesuai kebutuhan pengguna. Perseorangan menggunakan internet untuk mencari informasi, hiburan, komunikasi, serta membeli dan menjual barang.

Ilmuwan memanfaatkan internet untuk mempublikasikan penelitian, berkomunikasi dengan kolega, dan memberi materi kuliah untuk siswa. Perusahaan media memanfaatkan internet untuk menyiarkan berita online, menyiarkan audio dan video, mengedarkan musik dan film, program radio dan televisi online, serta layanan cuaca. Pengguna dapat bertukar film, foto, musik dan aplikasi melalui layanan file sharing.

Instant messaging melayani pesan teks, berbagi file, dan bermain game online. Perusahaan menggunakan internet untuk e-commerce atau perdagangan elektronik. Institusi memanfaatkan layanan komunikasi melalui konferensi suara dan video. Dan, masih banyak lagi perkembangan internet yang memberikan manfaat dalam kehidupan manusia.

Mengingat Kembali Sejarah Internet

Sejarah internet merupakan sebuah cerita yang kini membawa dampak luar biasa bagi kehidupan manusia. Dari kehidupan sosial, bisnis, berbelanja, menikmati produk budaya, mengunduh file, rasanya kini tidak ada yang tidak dapat dilakukan dengan internet. Sejarah internet  bisa dibilang ikut  mengubah cara hidup manusia, membuat segalanya terasa lebih mudah dan tak berjarak. Pakar komunikasi  EM Griffin berkata “Nothing remains untouched by communication technology.”

Di tengah mudah dan cepatnya hidup bersama internet, pernahkah Anda sedikit nostalgia dan penasaran: kapan semua ini berawal? Dari mana datangnya internet? Menelusuri sejarah internet menjadi sebuah cerita yang cukup menarik, mengingat dahsyatnya dampak yang dibawa internet di kehidupan manusia sekarang ini.

Kreativitas manusia ketika sedang terdesak oleh situasi gawat semacam perang memang menakjubkan. Setelah sebelumnya televisi dikembangkan oleh para teknisi yang terlatih berkat riset perang, kini sejarah internet pun lahir sebagai ‘anak kandung’ perang.

Tidak akan ada yang menyangka jika kecanggihan komunikasi tersebut terlahir justru dari sebuah keadaan yang tidak mengenakkan. Sejarah internet tidak lepas dari pengaruh kejadian mengkhawatirkan tersebut. Sebuah perang yang "idelanya" tidak menghasilkan apapun kecuali kerugian.

Sejarah internet yang pada akhirnya membawa manusia pada peradaban yang serba canggih ini. Semuanya terasa mudah, cepat, dan mungkin. Layar berukuran 14 inch hingga lebih akan membuat Anda mengerti tentang segalanya. Segala macam informasi dari seluruh dunia terangkum dalam layar kaca tersebut.

Bagaimanapun keadaannya, sejarah internet tetap menjadi bagian dari perkembangan zaman di bidang teknologi itu sendiri. Ibaratnya, sejarah internet itu adalah asal-mula dari perkembangan internet yang semakin hari semakin dikenal banyak orang karena manfaatnya yang dahsyat.

Sejarah Internet – Perkembangannya Kini

Sejarah internet terus melahirkan cerita-cerita perkembangannya. Volume pemakaian internet terus berlipat ganda tiap 9-14 bulan sejak 1970an. Pada 1981, hanya 213 komputer terhubung ke internet, tapi kini, di dekade 2000an, angka itu telah meroket jadi lebih dari 400 juta.

Sejarah internet kini mencatat bahwa jumlah manusia yang memakai internet tidak dapat dihitung secara pasti, tetapi diperkirakan sejumlah 1 miliar orang pada 2005, dan akan terus bertambah. Percaya atau tidak, riset terakhir pada 2009 menyebutkan bahwa Asia masih menjadi pengguna internet terbanyak di dunia! Ya, itu berarti Anda dan saya.

Sejarah internet benar-benar terus berlanjut. Internet yang Anda miliki dan gunakan sekarang, didistribusikan melalui perusahaan-perusahaan ISP (Internet Service Provider) yang biasanya merupakan perusahaan swasta. Namun, di beberapa negara yang mengontrol penuh jaringan komunikasi, perusahaan ISP dimiliki dan dikendalikan oleh negara. Cara pengaksesan internet sendiri dapat dibagi dalam 3 macam:

1. Sejarah Internet - Dedicated

Sejarah internet melahirkan tiga cara pengaksesan. Cara pengaksesan yang pertama melalui sistem atau akses dedicated. Komputer secara langsung dihubungkan ke sumber internet melalui perangkat jaringan fisik; sehingga komputer tersebut akan selalu terhubung ke internet 24/7. Cara pengaksesan ini biasanya dipakai oleh perusahaan besar.

Perusahaan yang lebih kecil atau individu juga bisa memakai akses dedicated dengan bantuan DSL (Digital Subscriber Line) atau kabel modem. Tekniknya adalah dengan ‘menumpang’ ke sistem perkabelan yang sudah ada, sehingga biaya tidak terlalu besar.

DSL menumpang di kabel telepon, sedangkan kabel modem menumpang di kabel TV. Tetapi karena frekuansinya berbeda, pemakaian internet tidak akan mengganggu operasional TV/telepon.  Opsi lain yang jarang dipakai adalah sambungan dedicated ke satelit via instalasi outdoor satellite dish.

2. Sejarah Internet - Dial-Up

Sejarah internet terus berkembang dan melahirkan sistem akses ke internet yang baru. Kali ini Dial-Up. Dial-Up adalah cara mendapat akses internet yang relatif murah, namun juga cukup merepotkan karena mengganggu jaringan telepon. Cara kerja sistem ini adalah dengan memakai modem telepon, sebuah alat yang bisa menghubungkan komputer kita ke sistem telepon dan mengkonversi data-data yang lewat. untuk mengakses internet, dipakai sebuah software yang membuat modem melakukan panggilan telepon ke perusahaan ISP.

3. Sejarah Internet - Wireless

Sejarah internet ikut menyertai perjalanan penggunaan atau akses internet di masyarakat. Sistem penggunaan internet di masyarakat yang ketiga ini adalah sistem wireless. Sistem akses internet dengan teknik wireless memakai gelombang radio untuk mengedarkan informasi di dunia maya. Para pemakai ponsel dan laptop pasti sudah akrab dengan pemakaian wireless internet ini.

Meski area cakupan internetnya sangat luas dan dapat diakses dalam perjalanan, biasanya sambungan dengan wireless ini lebih lambat daripada dedicated atau dial-up. Kecepatan sambungan wireless mulai membaik setelah teknologi 3G dipasarkan.

Sejarah internet tidak bisa lepas dari penggunaan internet di zaman sekarang ini. Kemajuan zaman di bidang teknologi komunikasi tidak bisa secanggih ini jika sejarah internet tidak pernah tercipta. Para pembuat sejarah internet itu merupakan pencetus hadirnya internet dikalangan masyarakat sekarang ini.

Terima kasih sudah membaca artikel kami ya sobat ACW dan Ibunda Dosen semoga bisa dipahami repost saya, karena sudah banyak sekali artikel sejarah internet yang menyebar di google hehehe. selalu cemunguuut sobat ACW dan Ibunda Dosen hehehehe ... !!! 

1 Comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!